Menjawab pertanyaan dari beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako yang mempertanyakan masalah munculnya keterangan di layar monitor mesin ATM BNI seperti ini:
Berikut kami jelaskan secara detail dan mudah dipahami oleh Bapak/Ibu semuanya jika muncul pesan seperti dibawah ini:
“TRANSAKSI GAGAL – TRANSAKSI DITOLAK OLEH BANK ANDA. HARAP HUBUNGI BANK ANDA.”
Artinya penarikan bansos PKH KPM ditolak oleh sistem bank, bukan karena ATM rusak. Berikut penjelasan penyebab yang paling sering terjadi pada KPM PKH:
Penyebab Umum Transaksi PKH Ditolak di ATM BNI
1️⃣ Saldo Bansos Belum Masuk
Dana PKH belum disalurkan atau belum masuk ke rekening KKS
KPM mencoba menarik terlalu awal sebelum jadwal cair
👉 Solusi:
Cek saldo terlebih dahulu di ATM / agen bank, atau konfirmasi ke Pendamping PKH
2️⃣ Rekening KKS Terblokir Sementara
Biasanya karena:
KKS lama tidak digunakan lama
Data KPM sedang verifikasi / pemadanan DTSEN
Ada ketidaksesuaian data NIK / KK
👉 Solusi:
Datang ke Bank BNI dengan membawa:
KTP
KK
Kartu KKS
3️⃣ Status Kepesertaan PKH Nonaktif / Graduasi
KPM tidak lagi terdaftar sebagai penerima PKH
Sudah graduasi alamiah / graduasi sejahtera
Terhapus dari DTSEN
👉 Solusi:
Tanyakan status ke:
Pendamping PKH
Kelurahan / Desa
Operator DTSEN
4️⃣ Salah PIN atau Kartu Bermasalah
PIN salah beberapa kali
Kartu KKS rusak / chip tidak terbaca
Kartu kadaluarsa
👉 Solusi:
Reset PIN atau ganti kartu di BNI
5️⃣ Penarikan Tidak Sesuai Ketentuan
Menarik melebihi saldo
ATM mengalami gangguan jaringan
Limit harian ATM tercapai
👉 Solusi:
Coba:
ATM BNI lain
Tarik di Agen46 / Bank BNI
Semoga penjelasan kami dapat dipahami, jika masih ada yang belum dimengerti dapat menghubungi para Pendamping PKH atau Operator SIKS-NG yang ada di masing-masing Kelurahan.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar