Selasa, 01 Juli 2025

Pertanyaan-pertanyaan seputar proses penyaluran bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Tahun 2025

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Hallo sedulur Cirebon... membahas pertanyaan-pertanyaan yang saya terima izinkan saya merangkumnya ya? Supaya sedulur-sedulur yang belum menerima jawaban atau bertanya-tanya dalam hati bisa terjawab dengan membaca rangkuman pertanyaan berikut:
1. Kapan bansos PKH dan BPNT Tahap 2 tahun 2025 mulai dicairkan?
Penyaluran tahap 2 dimulai sekitar akhir Juni hingga Juli 2025, tergantung kesiapan wilayah dan mitra bayar (PT. Pos atau Himbara).

2. Apakah penyaluran dilakukan melalui PT. Pos atau Himbara?
Tergantung wilayah. Sebagian besar melalui PT. Pos Indonesia, tapi ada juga yang melalui bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

3. Siapa saja yang berhak menerima bansos tahap ini?
KPM yang terdaftar aktif di DTKS, masuk kategori miskin/rentan miskin, dan sesuai kriteria PKH atau BPNT.

4. Apa perbedaan antara tahap 1 dan tahap 2 tahun ini?
Tahap 2 mencakup bulan April–Juni 2025, sedangkan tahap 1 mencakup Januari–Maret 2025. Data KPM bisa berubah di setiap tahap.

5. Kenapa penyaluran tahap 2 terlambat dari jadwal sebelumnya?
Keterlambatan bisa disebabkan pemadanan data DTKS, proses verifikasi ulang, atau kendala administratif dari pusat dan daerah.

6. Saya sebelumnya menerima PKH, tapi sekarang tidak dapat lagi. Kenapa?
Kemungkinan Anda dikeluarkan dari DTKS, status desil berubah, atau tidak lagi memenuhi kriteria PKH (seperti tidak punya anak sekolah atau balita).

7. Apa arti status "Exclude" di data SIKS-NG?
"Exclude" artinya tidak termasuk dalam daftar penerima bansos aktif pada tahap ini, meskipun terdaftar sebelumnya.

8. Apa maksud status “Strip (-)” di aplikasi bansos?
Strip berarti belum ada pencairan, bisa karena sedang diproses, gagal salur, atau memang tidak ditetapkan sebagai penerima di tahap ini.

9. Bagaimana cara tahu saya masih terdaftar sebagai penerima PKH/BPNT?
Cek melalui:
Aplikasi Cek Bansos Kemensos
Bertanya langsung ke pendamping sosial
Cek SIKS-NG (melalui kelurahan atau desa)

10. Saya masuk desil 1-4 tapi tidak dapat bansos. Kenapa bisa begitu?
Desil bukan satu-satunya acuan. Bisa jadi:
Tidak masuk kategori kriteria program
Tertandai double data
Proses verifikasi gagal
Ada pemadanan ulang data KTP/KK

11. Bagaimana cara mengecek bantuan saya di aplikasi Cek Bansos?
Unduh aplikasi resmi “Cek Bansos” dari Kemensos, lalu:
Daftar akun
Masukkan data KTP
Cari bantuan berdasarkan wilayah dan nama

12. Kenapa nama saya tidak muncul di aplikasi padahal dulu dapat bansos?
Bisa jadi data Anda tidak lagi aktif, belum diperbarui, atau belum dimasukkan ke tahap pencairan saat ini.

13. Apakah ada cara lain untuk cek status penerima?
Ya, bisa juga melalui:
Pendamping PKH/BPNT
Kantor desa/kelurahan
Website DTKS: cekbansos.kemensos.go.id

14. Apa yang harus saya lakukan jika data saya tidak sesuai?
Segera lapor ke RT/RW, kelurahan, atau pendamping sosial untuk dilakukan pemutakhiran data di aplikasi SIKS-NG.

15. Apakah saya masih bisa mengusulkan diri sebagai penerima?
Bisa, melalui usulan baru dari desa/kelurahan atau menu “Usul-Sanggah” di aplikasi Cek Bansos.

16. Bagaimana cara memperbarui data keluarga?
Lengkapi dokumen seperti KTP, KK, dan surat pendukung ke operator DTKS di desa/kelurahan.

17. Kapan pendataan ulang dilakukan?
Biasanya setiap awal triwulan atau saat Kemensos melakukan evaluasi data.

18. Saya dapat undangan dari kantor pos, tapi bansos belum bisa dicairkan. Kenapa?
Mungkin belum masuk jadwal distribusi, atau ada masalah teknis sistem pencairan.

19. Apakah bisa diwakilkan saat pencairan bansos?
Bisa, asalkan membawa:
Surat kuasa bermaterai
KTP asli penerima dan yang mewakili
KK asli

20. Bagaimana jika KPM tidak hadir saat jadwal pencairan?
Bisa dijadwalkan ulang atau masuk ke pencairan susulan, tergantung ketentuan kantor pos setempat.

21. Apa peran pendamping dalam penyaluran tahap 2 ini?
Memastikan data KPM sesuai
Membantu distribusi info dan jadwal
Menangani keluhan dan verifikasi ulang

22. Saya tidak pernah dihubungi pendamping, harus hubungi ke mana?
Bisa tanya langsung ke desa/kelurahan atau Dinas Sosial kecamatan/kabupaten.

23. Pendamping bilang saya tidak aktif di grup, apakah itu pengaruh?
Bisa jadi, karena ketidakhadiran dalam pertemuan kelompok PKH dianggap tidak aktif. Pastikan Anda tetap berkomunikasi.

24. Kenapa ada KPM yang tidak layak tapi masih dapat bansos?
Kemungkinan karena data belum diperbarui atau ada kesalahan sistem verifikasi yang belum diperbaiki.

25. Saya merasa layak, tapi kenapa dikeluarkan dari daftar penerima?
Bisa karena:
Tidak memenuhi kriteria program
Perubahan status sosial/ekonomi
Terkena pembersihan data dari pusat

26. Apakah bisa ajukan keberatan jika tidak masuk daftar?
Bisa. Gunakan fitur “Sanggah” di aplikasi Cek Bansos atau ajukan langsung ke desa/dinsos.

27. Di aplikasi status saya aktif, tapi di lapangan tidak dapat bantuan. Kenapa?
Kemungkinan besar terjadi gagal salur, data belum terupdate di mitra bayar, atau verifikasi lapangan tidak sesuai.

Mungkin sementara itu saja dulu yang dapat saya sampaikan, jika ada pertanyaan lain dapat menulisnya di kolom komentar ya.. 

Sampai jumpa..👋 Kita ketemu di lokasi penyaluran bansos PKH dan BPNT nanti ya.. 
Makasih.. 🙏

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Tidak ada komentar:

Bansos Tepat Sasaran Dimulai dari Data: Begini Proses Usulan dan Pembaruan DTSEN

Penyaluran bantuan sosial (bansos) kerap menjadi sorotan publik. Bukan karena jumlahnya, melainkan soal tepat atau tidaknya sasaran penerima...